Cara Melacak Android Dengan IMEI Untuk Temukan HP Yang Hilang

Cara Melacak Android Dengan IMEI - International Mobile Equpment Identity atau IMEI merupakan sebuah identitas yang berisi 15 digit karakter yang biasanya ada pada HP atau Smartphone. Sebagai sebuah identitas khas suatu produk, antara satu produk dengan produk yang lain memiliki serial yang berbeda dan khas seperti halnya nomor telepon. Karena sifatnya yang khas, kita bisa melacak keberadaan perangkat dengan nomor IMEI yang ada. Cara melacak Android dengan IMEI bisa dilakukan dengan bantuan operator selular yang ada.

Keistimewaan pelacakan menggunakan nomor IMEI adalah kita tidak memerlukan pelacakan menggunakan nomor. Bila terjadi pencurian HP, biasanya pencuri akan mengganti kartu dan membuang kartu yang lama. Namun demikian, meskipun kartu telah dibuang atau diganti, nomor IMEI pada smartphone tetap menggunakan nomor yang lama. Karena itu, pelacakan masih mungkin terjadi dan cara melacak Android dengan IMEI bisa dikatakan menjadi cara yang efektif dan efisien untuk dilakukan.

Untuk melakukan pelacakan dengan cara ini, kita masih memerlukan bantuan operator simcard. Hal ini karena pelacakan yang akan dilakukan harus melalui operator yang ada. Oleh karena itu, cara melacak Android dengan IMEI dianggap cukup merepotkan. Pelacakan yang terjadi adalah pelacakan yang dilakukan oleh operator terhadap pelanggannya. Hal itu karena setiap operator memiliki data perangkat yang menggunakan jasa mereka, data tersebut salah satunya adalah nomor IMEI produk smartphone.

Apabila ada smartphone Android yang menggunakan salah satu jenis kartu, maka operator yang ada bisa mengetahui dengan melakukan pemeriksaan data. Karena itu, kerja sama yang dilakukan bisa lebih dari satu operator. Karena itu, cara ini dianggap sebagai cara yang rumit dan mahal. Selain itu, operator juga bisa melakukan penolakan bila kita pengajukan permohonan untuk pelacakan IMEI. Hal itu karena di Indonesia sendiri belum ada regulasi atau aturan yang mewajibkan operator melakukan hal tersebut.

Untuk pelacakan menggunakan IMEI saat ini belum bisa dilakukan secara langsung oleh pemilik dengan menggunakan aplikasi android atau lainnya. Karena berdasarkan pengalaman, belum ada aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas pelacakan tersebut. Meskipun ada pihak yang menawarkan cara melacak Android dengan IMEI melalui aplikasi tertentu, hampir bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebut tidak akan bisa digunakan untuk melakukan pelacakan yang sesuai kebutuhan.

Saat ini, cara melacak Android dengan IMEI mungkin hanya digunakan untuk mengatasi kasus besar. Sedangkan untuk kasus kehilangan dan pencurian masih sangat diragukan bisa dilakukan di Indonesia. Untuk itu, bila kita ingin melakukan pelacakan terhadap perangkat, kita bisa mencoba dengan melakukan pelacakan menggunakan cara lain. Atau kita bisa mencoba cara ini dengan melakukan prosedur yang panjang dan belum tentu memiliki hasil yang positif.

Pos populer dari blog ini

Cara Melacak Orang Melalui GPS Menggunakan Aplikasi

Cara Memasang Antena Parabola Sendiri